Kredit RESI GUDANG Bagi Pertanian

JIPUTRO.net – Pemerintah melalui lembaga keuangan dan non lembaga keuangan telah mengatur skema pembiyaan bagi petani dalam bentuk PEMBIYAAN RESI GUDANG sejak tahun 2008, skema ini dikembangkan agar petani mendapatkan harga yang lebih baik dengan menunda waktu penjualan. Harga jual komoditas saat panen raya umumnya rendah. Petani atau kelompok tani dapat menyimpan hasil panen di gudang, kemudian mendapatkan pembiayaan dengan jaminan resi dan menjual hasil panen ketika harga telah tinggi atau lebih baik.

Berdasarkan data Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), realisasi penyaluran pembiayaan resi gudang sepanjang 4 bulan pertama 2011 mencapai Rp8,78 miliar, nilai ini saya nilai tumbuh lebih dari 10% dari total pembiayaan sepanjang tahun lalu yang hanya mencapai 2,4 miliar.

Pinjaman tersebut dilakukan oleh lembaga keuangan bank maupun non bank dan disalurkan untuk membiayai 75 resi gudang, naik lebih dari dua kali lipat dari total 35 resi gudang sepanjang tahun lalu.

PENGERTIAN

Resi gudang (warehouse receipt system) adalah adalah dokumen bukti kepemilikan barang yang disimpan di suatu gudang yang diterbitkan oleh pengelola gudang dan merupakan sekuriti yang menjadi instrumen perdagangan.

Gudang di sini artinya bisa macam-macam, tergantung komoditas yang disimpan, Resi gudang ini nantinya bisa digunakan sebagai jaminan atas kredit dari perbankan.

Resi gudang surat berharga yg dapat diperdagangkan, diperjual belikan, dipertukarkan, ataupun digunakan sebagai jaminan bagi pinjaman, maupun dapat digunakan untuk pengiriman barang dalam transaksi derivatif seperti halnya kontrak serah (futures contract).

Resi gudang ini dapat digunakan bagi petani dalam membiayai proses penananam lahan dan juga bagi pabrikan dapat digunakan untuk membiayai persediaan bahan baku. Apabila terjadi cedera janji atas suatu kewajiban yang dijamin dengan resi gudang tersebut, misalnya pinjaman bank maka si pemegang resi gudang memiliki hak utama atas komoditas acuan atau nilai yang setara dengannya.

KOMODITI

Sesuai Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 26/M-DAG/PER/6/2007, pemerintah telah menetapkan delapan komoditi pertanian sebagai barang yang dapat disimpan di gudang dalam penyelenggaraan sistem resi gudang. Kedelapan komoditi itu adalah

  • Gabah
  • Beras
  • Kopi
  • Kakao
  • Lada
  • Karet
  • Rumput laut
  • Jagung

SYARAT KOMODITI

Secara umum dan paling sedikit memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • memiliki daya simpan paling sedikit 3 (tiga) bulan;
  • memenuhi standar mutu tertentu; dan
  • jumlah minimum barang yang disimpan.

JENIS RESI GUDANG

Resi gudang dikenal dalam 2 jenis yaitu :

1. Resi gudang yang dapat diperdagangkan (“negotiable warehouse receipt”) yaitu suatu resi gudang yang memuat perintah penyerahan barang kepada siapa saja yang memegang resi gudang tersebut atau atas suatu perintah pihak tertentu.

2. Resi gudang yang tidak dapat diperdagangkan (“non-negotiable warehouse receipt”) yaitu resi gudang yang memeuat ketentuan bahwa barang yang dimaksud hanya dapat diserahkan kepada pihak yang namanya telah ditetapkan.

BADAN PENGATUR NILAI RESI GUDANG

1. Badan Pengawas Sistem Resi Gudang adalah unit organisasi di bawah Menteri yang diberi wewenang untuk melakukan pembinaan, pengaturan, dan pengawasan pelaksanaan sistem resi gudang.

2. Lembaga Penilaian Kesesuaian berkewajiban untuk melakukan serangkaian kegiatan guna menilai atau membuktikan bahwa persyaratan tertentu yang berkaitan dengan produk, proses, sistem, dan/atau personel terpenuhi. Resi gudang yang diperdagangkan di Indonesia wajib untuk melalui suatu proses penilaian yang dilakukan oleh suatu lembaga terakreditasi tersebut.

3. Pusat Registrasi Resi Gudang merupakan suatu badan usaha yang berbadan hukum yang mendapatkan kewenangan guna melakukan penatausahaan resi gudang dan derivatif resi gudang di Indonesia yang meliputi pencatatan, penyimpanan, pemindahbukuan kepemilikan, pembebanan hak jaminan, pelaporan, serta penyediaan sistem dan jaringan informasi.

BANK PENERBIT RESEI GUDANG

Lembaga keuangan yang telah menyalurkan pembiayaan resi gudang adalah : PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Bank Jabar Banten, PT Bank Jatim, PT Bank Kalsel, PKBL PT KBI (Persero), BPRS Bina Amanah, dan LPDB Kementerian UKM.

PERSYARATAN KREDIT RESI GUDANG

  • Melampirkan legalitas usaha
  • NPWP
  • SIUP
  • SITU
  • TDP / Surat keterangan usaha
  • Melampirkan dokumen identitas diri
  • KTP / SIM
  • Untuk badan usaha melampirkan Akte Pendirian dan perubahannya
  • Melampirkan copy rekening koran atau rekening tabungan, 3 (tiga) bulan terakhir.
  • Limit Kredit Rp. 100 Juta.- sampai dengan Rp. 40 Milyar.
  • Kredit dalam bentuk Rupiah.
  • Dapat diberikan rekening koran atau dengan angsuran.

CONTOH

Gudang percontohan sistim resi gudang (SRG) yang berkapasitas 3.000 ton dengan dilekapi 5 unit alat pengering di Kecamatan Rawalo, Kabupaten Banyumas. Gudang ini merupakan gudang pertama di Indonesia dengan sistim resi gudang

Gudang dengan SRG ini dikelola oleh PT Petindo Daya Mandiri dengan melibatkan Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Banyumas serta kelompok tani dari tiga kecamatan yaitu Rawalo, Purwojati, dan Jatilawang yang merupakan daerah penyangga bagi gudang tersebut.

Petani yang menyimpan berasnya di gudang SRG akan mendapatkan sebuah dokumen berharga sebagai bukti kepemilikan barang yang dititipkan tersebut, dimana dokumen tersebut dapat dijadikan agunan guna memperoleh kredit dari koperasi maupun dari bank. (Analisa oleh JIPUTRO.net)

 

TAKSIR DANA ANDA UNTUK BELI KEBUN. KLIK LINK DIBAWAH INI !!

Info Investasi AMAN : KLIK KEBUN LINK DIBAWAH INI UNTUK MENAMBAH PENDAPATAN ANDA

PASANG IKLAN GRATIS : IKLAN & LINK IKLAN USAHA ANDA AKAN DIMUAT JIKA ANDA KLIK SEMUA IKLAN DIATAS & HALAMAN DEPAN DI WEB INI

About jiputro

Berbagi informasi dan peluang usaha mengenai hasil pengalaman Jiputro selaku pemilik perkebunan di Lampung. Silahkan follow twitter @jiputro klik https://twitter.com/jiputro
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

  1. bagai mana kaloe kami yang sangat jauh dengan piusat jakarta, di Aceh, apakah ada program yang demikian….?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

 
Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.