Cuaca Buruk, Harga Karet di Sumatera Melambung

JIPUTRO.net – Cuaca seakan makin tidak bersahabat bagi para petani dan pemilik kebun hingga awal November ini, tingginya curah hujan dan kencang angin akibat Badai Megy yang melanda wilayah Asia Tenggara masih terus dirasakan. Tingginya curah hujan tidak saja menyebabkan para spekulan dan pabrik karet makin teliti menilai kadar air karet namun juga berdampak bagi menurunya produksi akibat menurunnya frekuensi sadapan.

Foto-Jiputro.netNamun kendala cuaca tersebut sepertinya telah terbayarkan, karena kini pemilik kebun karet di Sumater khususnya di Lampung dan Palembang dapat merasakan kegembiraan, disaat cuaca makin tidak bersahabat namun harga karet basah dan kering pada 3 bulan terakhir ini menunjukan sebuah pergerakan kenaikan yang cukup signifikan, yakni menembus harga Rp.12.000 s/d Rp.15.000 (harga karet basah di Lampung milik saya). 
Secara global kenaikan ini rupanya akibat permintaan produksi karet dari spekulan mengalami kenaikan, karena jalur distribusi dan hasil produksi negara negara produsen karet seperti Indonesia dan Thailand diperkirakan memperoleh dampak yang buruk dari kondisi ini. 
Alhasil akibat adanya sentimen tersebut mulai muncul spekulasi mengenai akan terganggunya produksi dan jalur distribusi sampai dengan akhir tahun ini. 
Selain disebabkan kurangnya pasokan karet mentah, kenaikan disebabkan pula dari menguatnya harga minyak mentah global yang kini telah melampaui level 80 dollar per barel setelah sebelumnya sempat bergerak flat di kisaran antara 74-77 dollar per barel. 
Tren positif dengan kenaikan harga yang terus bergerak naik selama 3 bulan hingga menembus pada kisaran harga Rp.12.000/kg mengantarkan karet basah ke posisi tertinggi, yang merupakan level tertinggi sejak Juli 2008. Seperti kita ketahui harga karet pernah terpuruk pada krisis keuanganan global terjadi pada pertengahan 2008 lalu, harga karet sempat anjlok hingga Rp1.500/kg dari harga rata rata Rp.8000/kg.
Pada saat krisis keuangan global pertengahan 2008 terjadi, dari setiap hektare kebun karet hanya mampu memberikan pendapatan maksimal senilai 1,2jt, namun kini setiap hektare mampu memberikan pendapatan senilai Rp. 12 jt/bulan (asumsi rata rata hasil panen deres 800-1.000kg/ha.)
Kendala cuaca memang merupakan kendala terbesar yang dihadapi oleh pemilik kebun, di kala musim hujan tinggi produksi menurun akibat frekuensi penyadapan menurun. Sedangkan pada musim kemarau, produksi karet juga dapat turun sampai 60 persen, karena pohon karet meranggas dan gugur bunga.
Tetapi kendala cuaca saat ini menurut saya akan memberikan dampak positif bagi harga karet mentah di Asia, namun tantangan terberatnya adalah bagaimana para penyadap dapat mencari waktu yang tepat agar produksi karet tetap bertahan [jw/jiputro.net]

 

TAKSIR DANA ANDA UNTUK BELI KEBUN. KLIK LINK DIBAWAH INI !!

Info Investasi AMAN : KLIK KEBUN LINK DIBAWAH INI UNTUK MENAMBAH PENDAPATAN ANDA

PASANG IKLAN GRATIS : IKLAN & LINK IKLAN USAHA ANDA AKAN DIMUAT JIKA ANDA KLIK SEMUA IKLAN DIATAS & HALAMAN DEPAN DI WEB INI
Tags: , ,

About jiputro

Berbagi informasi dan peluang usaha mengenai hasil pengalaman Jiputro selaku pemilik perkebunan di Lampung. Silahkan follow twitter @jiputro klik https://twitter.com/jiputro
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

21 Responses

  1. Pak, Harga Rp 12.000/kg itu karet basah sadap 1 minggu apa 1 bulan ?
    kok tinggi sekali, di tempat saya kok cuma 8000.

  2. Pohon karet sistem sadapnya untuk karet basah adalah minimal 5 kali dalam satu minggu, kemudian hari keenam di cukak dan hari ketujuh layak untuk dijual. Harga 3 bulan terkahir ini di Lampung yakni menembus harga Rp.12.000 s/d Rp.15.000, sebelumnya hanya Rp.8000/Kg.

    • saya mw bertanya,karet harga rp.12000-rp.15000 itu dikalangan petani atau ke pabrik ya pak.
      trus di lampung itu apakah sudah ada pabriknya pak?
      terima kasih

      • Harga tsb di tingkat penimbun kecil, karena di Tulangbawang Lampung belum ada pabrik. Selama ini kami mengirim karet ke pabrik di Palembang

        • brarti di lampung itu belum ada pabriknya ya
          tapi yg ikut ke dalam gapkindo itu ada pabrik di lampung?
          itu mksdnya gmn mas?
          thanks

          • Di Lampung hingga saat ini belum terdapat pabrik besar, di daerah PJR Arah Tanjung Bintang terdapat pabrik pengolahan kecil. Siapapun berhak bergabung dengan GAPKINDO, selama persyaratannya memenuhi, tidak harus memiliki pabrik.

  3. Ditempat saya sekarang harga bokar rp. 15000-18000 ditingkat petani.
    Tempat Pak Yunus itu dimana.,kok murah sekali ya rp. 8000 itu ditingkat petani atau tengkulak.

  4. di tempat kami hrg karet msh rendah,memang hrg karet basah brp ya?terus sy mo masarin gmna ya(eksport)

    • tempat anda di daerah mana ya ? jika anda ingin berminat bermain di bidang export maka anda sebaiknya memiliki lini hulu hingga hilir, seperti menguasai jaringan suplier, memiliki angkutan, memiliki pabrik pengolah menjadi bahan setengah jadi, dan jalur pelabuhan. Salam

      • apa kah jiputro mempunyai pabrik pengolahan sendiri ?

        • Kami belum memiliki pabrik pengolahan sendiri, namun jika Pak.Bernard berniat kerjasama pembuatan tempat penimbunan atau pabrik, kami memiliki 2 lahan lokasi strategis milik kami sendiri selain memiliki kebun dan angkutan sendiri.

  5. hasil sadap karet dengan populasi perhektar 500 batang, per bulan terendah berapa, tertinggi berapa, tk.

  6. di tempat saya khususnya di palembang OKU, kemarin Bln februari 2011 harga karet 2mingguan sudah mencapai 23000 per klo/
    tetapi 2minggu berikutnya harga karet menurun menjadi 20.000per klo//
    klo ada yang tau di sebabkan karna apa ya…..?

    • Penurunan harga hingga mencapai Rp.3rb/Kg sangat besar, namun di daerah lain minggu2 ini harga masih stabil. Biasanya itu dapat terjadi karena ada permainan harga tengkulak karena barang di pasaran sedang dalam jumlah melebihi kuota tengkulak.

  7. munkin saja ya pak ..penurunan harga karna ulah tengkulak, dan malah sekarang penjualan di bulan ini merosot lagi, awalnya 23000 turun jadi 20000,dn skrang di bulan maret turun hingga 18750….
    oh ya…pak..saya mau tanya…kira2 harga karet untk tahun depan gimana ya…apakah makan naik hrga karetnya, apa justru sebaliknya,..?

  8. pak.. kira2 harga jual kebun karet perhektar berapa khusus ya di kawasaan kotabumi lampung utara…. karna saya mau memulai usaha ini.. tpi bngung dengan hargapembeliaan kebun karet perhektar na…. trimakasih

    • Kebun karet siap sadap (umur 6thn) bisa mencapai diatas Rp.100jt/ha. Tergantung lokasi dan kualitas bibit

  9. Bagi para pembaca untuk artikel ini kami tutup komentarnya dan kami pindah ke analisa terbaru kami berjudul “Harga Karet dan Pemasukan Bersih Kebun 2010 dan 2011″ yang dapat ditemukan di link : http://jiputro.net/perkebunan/harga-karet-2010-dan-2011

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.