Estimasi Evaluasi Proyek Kebun Singkong

JIPUTRO.net- Singkong di Propinsi Lampung khususnya di Kabupaten Tulangbawang makin naik kelas, awalnya, singkong hanya diperlukan sebagai bahan makanan dan pakan ternak tapi kini gengsinya naik selain dijadikan bahan baku tapioka bisa juga dijadikan bahan bakar.

Gambar oleh jiputro.net
Hal tersebut berimbas pada harga jual, seingat saya waktu awal menamam pada tahun 2008 harga singkong waktu itu hanya kisaran Rp.400/kg, kini bisa mencapai Rp.690/Kg bahkan bulan bulan kemarin harga jual di tingkat pabrik pernah menembus Rp.900/Kg. Bahan baku pokok tapioka dan sumber makanan pengganti beras ini keberadaannya mulai diperhatikan ketika ia diketahui bisa dijadikan sumber bahan bakar tergantikan, yakni bioetanol. Banyak yang memprediksi di masa mendatang banyak pengusaha yang akan menanamkan modalnya untuk membangun pabrik bioetanol, hal ini tentu akan makin membuat harga Singkong makin bernilai jual tinggi.
 
Bagaimana sebenarnya biaya yang harus dikeluarkan bagi pemilik lahan yang berminat pada usaha perkebunan singkong, berikut kami berbagi sesuai dengan pengalaman yang telah kami jalani :

Estimasi Evaluasi Proyek Kebun Singkong dengan estimasi biaya dan harga jual pada bulan november 2010 pada luas Lahan 1 hektar dg musim tanam hingga panen 9 bulan.

 

Estimasi Evaluasi Proyek Kebun Singkong-jiputro.net

 

Estimasi Pendapatan Rata2 30 ton/ha dg harga jual Rp.690/kg (umur singkong 9 bln) = Rp 20,700,000

Total Biaya (Tahap I+II+III) = Rp. 3,350,000

Ongkos mobil dan kuli 125/kg = Rp. 3,750,000

Pemasukan bersih = Rp. 13,600,000

dianalisa oleh jiputro team

TAKSIR DANA ANDA UNTUK BELI KEBUN. KLIK LINK DIBAWAH INI !!
Tags: ,

About jiputro

Berbagi informasi dan peluang usaha mengenai hasil pengalaman Jiputro selaku pemilik perkebunan di Lampung - CV.ATM
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

97 Responses

  1. ane mau tanya..kendalanya apa aja gan kalo mau bikin pabrik ethanol..
    kebetulan rumah ane cm 2 jam dr TULANGBAWANG..
    kemarin ane smpt pulang satu minggu ada tetangga ane bikin pabrik ethanol kecil2an dan bangkrut gan..

    kata dia ethanolnya gak laku dipasaran salahsatu sebabnya karna kadarnya msh dibawah yg ditetapkan pembeli gan..emg sulit ya gan biin ethanol dgn kadar yg bagus???

    sekedar info: tetangga ane pndidikannya lumayan lho gan..insinyur lulusan salah satu univ.jogja…

    Mohon pencerahannya gan,,karna ane sempet ngelirik bisnis ini tapi koq kayaknya pasar msh trbatas ya gan..

    • Memang banyak kendala menerapkan penemuan dan penerapan teknologi pada ranah bisnis dan industri. Bahkan di arah BLJ (jalan ethanol) sudah terdapat pabrik ethanol yang sudah puluhan tahun tidak beroperasi lagi. Mungkin ini beberapa kendala mengenai rendahnya harga ethanol :
      1. Hasil olahan ethanol belum menjadi produk massal di kawasan Tulangbawang
      2. Pabrik tapioka masih kekurangan pasokan singkong mentah pada musim2 tertentu
      3. Belum ada pabrik besar yang menampung hasil olahan ethanol yang dapat mendongkrak harga ethanol.
      Saran ane gan, perdalam dan kembangkan terus teknologi tepat guna tsb melalui koperasi setempat dan tetapkan sebagai penemuan, sehingga sementara bisa untuk dijadikan produksi teknologi alat pengolah. Semoga mencerahkan.

  2. Ngga salah tuh bang.. bibitnya cuma 50x25x5=6250 batang. Sedangkan lahan 10000 m2 apa nggak banyak yang kosong nantinya. Trus biaya bajak murah amat 450 ribu?? pake traktor apa kerbau ya?
    Harga bibit juga apa tidak dihitung? Kayaknya murah banget ongkos nya yak..

    • Analisa diatas tidak ada yg salah, karena merupakan hasil dari pengalaman kami menanam singkong selama 3 musim tanam. 50 ikat biasanya berisikan 25 batang, dan setiap batang rata2 bisa menjadi 5 potong bibit. Biaya bajak 450rb (harga bajak traktor dan sapi tidak jauh berbeda) di Tulangbawang Lampung sudah merupakan harga termahal, karena biasanya hanya 350rb. Harga bibit sudah diperhitungkan seperti diatas, yakni 200rb

  3. gan,ane baru pemula di dunia bisnis singkong.rencananya bulan depan mau sewa lahan di daerah Lampung Barat.kira2 harga pasaran di sana berapa ya /kg?
    ini baru mau coba garap 1 ha.
    ada tips2 nggak buat ane yang mau belajar usaha kaya gini???
    maklum,pengen ngerubah nasib gan…
    mohon bimbingannya juragan…
    kalo juragan JIPUTRO berkenan,bisa kirim info2 seputar singkong
    ke no.085279286269
    terimakasiiiiiihhhh……

    • Di lampung Barat anda dapat cek harga langsung dg bertanya di pabrik terdekat (BW Group) di daerah Martapura. Saran saya untuk awal usaha di bidang kebun singkong adalah anda harus sering turun lokasi dan bentuk team yg dapat dipercaya serta sering pengamatan thd waktu kapan harus tanam dan kapan saatnya perlu stock pupuk.

  4. saya menyukai isi website ini yang mengulas masalah perkebunan, saya tertarik untuk investasi perkebunan singkong di lampung, namun saya belum mengetahui syarat untuk berkebun singkong terutama lokasi, dan bagaiman managemennya, dan terutama pemasaranya,dan apa bila saya menggunakan kredit bank apa bisa berani mengambil keputusan itu, terima kasih atas jawabannya

    • Jika berminat scara serius anda dapat menghubungi kami di nomor 021-95612202 a.n. CV.ATM. Anda dapat survey langsung ke lokasi kami di daerah Tulangbawang dg lahan2 bersertifikat. Salam

      • Salam sejahtera
        Saya berminat dengan bisnis budidaya singkong ini, serta peluang kedepannya (Prospek)
        Kalau ada agan2 yang punya Proposal lengkap tentang budidaya singkong ini, khusus singkong gajah, tolong dikirimkan ke saya, juga sekaligus dengan perhitungan Profit Sharring apabila JO,
        Saya punya beberapa rekan yg juga berminat di binis ini, tapi kami kekurangan literatur sebagai pedoman investasi kami,
        Kami sangat berterima kasih apabila ada agan2 yg mau berbagi informasi dengan kami,
        Regards

        Sutan syamsul

    • Bos klu mau investasi jangka panjang lirik kalimantan juga, kami ada lahan kosong luasnya 10 000 ha, lahan datar dan satu hamparan, cocok utk perkebunan singkong,kelapa sawit,karet,pisang dll. Lahan ini bisa HGU Posisi lahan dipinggi jalan raya poros kalteng-kalbar. Lahan ini kami mau jual 7 juta/ha, bisa dinego. Klu berminat kontak sy jiyad

  5. bang…, singkong yang dijadikan untuk tepung tapioka dan juga bioetanol mempunyai kadar air maksimal berapa persen?

    saya punya kebun singkong, (ane tinggal di mojokerto, jawa timur)rencana mau saya distribusikan ke pabrik2 pembuat tepung. trims….

    • Bioetanol adalah etanol yang dibuat dari biomass yang mengandung, berikut yg dibutuhkan oleh industri :

      - komponen pati atau selulosa, seperti singkong dan tetes tebu.
      Grade industri dengan kadar alkohol 90-94%
      - Netral dengan kadar alkohol 96-99,5%, umumnya digunakan untuk
      - minuman keras atau bahan baku obat dalam industri farmasi
      - Grade bahan bakar dengan kadar alkohol diatas 99,5%.

      Tergantung pabrik pengolahan anda membutuhkan jenis dg grade berapa

  6. Pak Jiputro,
    Saya menjadi tertarik melihat paparan singkong yang ada di artikel ini. Saat ini saya sedang mempelajari lebih mendalam mengenai pola penanaman, dan managemen perkebunan untuk singkong.

    Saat ini saya sedang mempersiapkan modal untuk 1 ha, dan ditargetkan bisa berkembang menjadi 10 ha dalam kurun waktu 3 tahun.

    Namun saya masih kekurangan info mengenai pola distribusi, apakah Bapak tahu siapa-siapa saja yang akan menerima hasil panen saya, dan biasanya berapa cost yang dikeluarkan untuk biaya angkut di daerah jawa?

    Ditunggu responnya Pak.
    Terimakasih.

  7. mau tanya soal perkebunan singkong ya pak, saya mewarisi perkebunan singkong 15ha di daerah tulang bawang, lampung. di unit delapan tepatnya, 5ha sawit tp msh minim hasilnya, saya mau tanya soal pendapatan/pengeluaran kebun singkong itu, karena saya sangat tidak tahu soal singkong ini, dan kebun tersebut dikelola oleh orang kepercayaan alm. ayah saya, skrg hasil kebun dibeli ditempat oleh pembeli
    trima kasih sblumnya

  8. Biasanya hama saja gan yang suka ganggu singkong ini dan pake apa basminya?

    • Selama kami dan keluarga besar di Lampung berkebun singkong sejak tahun 90an, musuh kami adalah babi hutan dan gajah, tp sejak tahun 95 kesini sudah tidak ada lagi.

  9. Ada koneksi Siapa pembeli singkong di Kalimantan Barat dalam jumlah besar… silahkan datang ke tempat kami… Ketapang luas wilayah sangat besar dan potensial u’ perkebunan…

  10. Ada koneksi Siapa pembeli singkong di Kalimantan Barat dalam jumlah besar…

  11. Ada suatu usaha keripik singkong di daerah bandung membutuhkan bahan baku sekitar 3 ton/3hr, jenis singkong yg dibutuhkan adalah yg berwarna putih. Kalau ada penawaran dr teman2 berapa harga perkilo sampai di tempat (bandung). Tanks infonya

    • Silahkan mengambil di tempat kami di Lampung dg harga Rp.800/Kg (harga minggu ini), berapapun jumlahnya dan apapun jenisnya. Tks

  12. Salam kenal Pak
    Ingin tanya,
    Pak, itu benar hitungannya sekitar Rp 7 juta-an ya ?
    Dibandingkan dgn usaha sawah (padi) bagaimana pak ?
    Itu harga paket dari bapak ya ? Hasil dibeli langsung oleh perusahaan bapak ? Alamat di Jakarta dan Lampung dimana ya pak ?
    Apakah bapak menggunakan suatu varietas tertentu dalam menanam singkong ? Karena kan banyak varietas singkong.
    Maaf ya pak banyak tanya ……. maklum newbie yg pengen sukses seperti bapak …. :)

  13. Karena banyaknya peminat Buku dan Tutorial yg kami terbitkan dalam bentuk Flash dalam kepingan serta kesibukan kami melayani investor yg datang secara langsung ke perkebunan kami, kami mohon maaf jika tidak sempat menjawab setiap komentar yg masuk.

  14. Saya sudah coba telpon tetapi tidak berhasil. Apakah ada nomer telpon lain? Saya ada lahan seluas 17 ha di way kanan lampung. Saya ingin bertemu utk bicara lebih lanjut ttg kemungkinan kerjasama.

  15. Silahkan sms no hp anda ke no 021-95612202. nanti akan kami kirim

  16. mohon diemailkan kwe saya analisia usaha tani singkong lampung pada jarak tanam 100 cm x 80 cm, berapa biaya pengeluaran dan penghasilan dalam persatuan luas satu hektar dengan cara tradisional cara petani dan cara profesionil/perkebunan dalam hal mana semua korbanan diperhitungkan , pada luasan berapa 1 0rang manager dengan gaji Rp 15juta perbulan dapat hidup dari hasil kebun singkongnya., saya merencanakan mulai dari skala 10 ha sampai 10,000 ha di Jawa Timur, jika ada yang mau bergabung silahkan , lahan kami siap, 10.000 ha di Kab Pasuruan dengan harga sewa pertahun 4 juta rupiah per hanya.
    hub saya. saya tunggu . Ir Sujono Arifin MM . BERKAH RUKUN MAKMUR Ud-Jasa.

  17. pak, mau nanya nih? kl mau kerja sama sama bapak, apakah saya cukup menyediakan dana dgn jumlah tertentu atau gimana? saya ditawarin usaha kerjasama menanam singkong dng janji satu hektarnya bisa panen sampai 250 ton dng varietas unggul, mungkin nggak? mohon pencerahannya.

  18. aslmkm. saya ardi, di pekanbaru Riau. saya petani karet dan singkong. saya ingin tanya, singkong utk daerah Riau kepada siapa saya bisa jual dan berapa harga sekarang?trmksh

  19. Ass Gan, mohon saran untuk estimasi per Ha berikut sudah layak belum ?
    Kebun singkong di Unit II Tulang Bawang :
    1 sewa lahan 2,000,000
    2 bajak1 450,000
    3 bajak2 400,000
    4 reager – gulutan 350,000
    5 bibit ( perikat rp5000 x 150 ikat ) 750,000
    6 upahtanam 450,000
    7 koret1 ( usia 2bln ) 400,000
    8 pupuk1 ( usia 2bln ) 1,000,000
    9 semprot ( obat + upah usia 5bln ) 350,000
    10 pupuk2 ( usia 5bln ) 500,000
    —————————————————-
    J u m l a h 6,650,000

  20. Numpang tanya pak.Bapak ada jual bibit singkong unggul yg bisa panen lebih kurang 35kg-100an kg per phn gak?harus berani jamin,jgn asal ngomong doank.Kl ada email w di hellokevin.
    kerjasama investasi juga bole gan bagi pemilik bibit unggul tsb.Ditunggu kabar secepatnya

    • kevin, loe mau ada tp di arab satu phn bisa 100kg tp bisa di panen stlah 100th juga, mau loe.. sprtnya bpk jiputro tdk pernah asal ngomong.

  21. mau tanya nih pak ? batang singkong yang bagus dan yang jelek itu seperti apa? biar gak keliru

  22. pak saya sangat tertarik dgn usaha perkebunan singkong,saya tinggal di kabupaten lahat sumatera selatan.menurut informasi yang saya terima di daerah sumsel tidak ada pabrik singkong,di kota bumi (lampung utara) pabrik singkong yang terdekat dari tempat saya.mungkin kalau saya distribusikan ke kota bumi biaya tranportasiny yang terlalu besar.saya mohon informasi dari bapak,ada atau tidak pabrik singkong di sumsel?mksh pak…..

  23. Salam kenal Pak,

    Jadi petani singkong beberapa waktu ini jadi impian saya , e ketemu blok ini, sangat menarik.

    Sayang posisisaya di Tangerang, pinginnya ketemu langsung untuk konsultasi, ada saran untuk mulai melangkah di bisnis ini Pak ?

    Apakah investasi , ato jadi karyawan bapak dulu sekalian belajar, terus saya buka lahan di tangerang..

    Ditunggu balasannya, via email boleh Pak

    Terima kasih.

  24. salam kenal…gan,..numpang tanya…oya ..estimasi di tahap III,..apakah pemupukan hanya 1 kali saja…,..trs…ongkos atau biaya pembersihan gulma bgmna gan…mhn saranya …maklum pemula gan..tks,…

  25. Malam pak Jiputro
    Saya sedang ingin mencoba agrobisnis. Dan singkong adalah salah satu yang menarik menurut saya. Apakah di lampung ada tanah yang masih bisa disewa untuk menanamnya ? Kami sangat serius ingin mencoba. Daerah yang menjadi tujuan kami antara lain medan dan lampung.

    Kalau ada info please kasih tau yaa..

    Thanks,
    Indra Wahyudi

    • Lahan sewa sudah hampir tidak ada

      • kepada Bapak Jiputro

        Saya yopi.dari palangkaraya.Saya mohon diberikan alamat email Bapak Jiputro.Tolong Pak dikirimkan alamat emailnya ke no.hp saya saya mau kirimkan proposal penjualan tanah saya pribadi seluas 98,03 ha yang dekat 14km pabrik sawit PT.MSAL(sudah produksi),calon pabrik PT.BMB,dan calon pabrik di taringin plus peta tanah saya.
        {1}Lokasi desa bereng jun,kab.gunung mas.TEPI ASPAL.HANYA 112KM dari palangkaraya semua jalan aspal
        {2}100@Tanah merah dan kuning,tidak ada pasir dan tidak gambut.karena saya yang track jalan keliling dgn dua GPS saya
        {3}Lebar batas belakang adalah 1750 m,sudah dibuatkan jalan.
        {4}Apabila ditarik garis tengah untuk buat jalan poros maka JALAN POROS HANYA 1.140 METER
        {5}Lahan SKT Camat ,bekas ladang
        {6}harga murah hanya Rp 9.500.000,- per hektar,pihak investor terima SKT CAMAT.
        Apabila ada deal pembelian tanah dgn pihak buyer,Untuk pihak mediator/perantara mendapat bagian 10% dari total penjualan

        • kepada Bapak Jiputro

          Saya yopi.dari palangkaraya.Saya mohon diberikan alamat email Bapak Jiputro.Tolong Pak dikirimkan alamat emailnya ke no.hp saya ,saya mau kirimkan proposal penjualan tanah saya pribadi seluas 98,03 ha yang dekat 14km pabrik sawit PT.MSAL(sudah produksi),calon pabrik PT.BMB,dan calon pabrik di taringin plus peta tanah saya.
          {1}Lokasi desa bereng jun,kab.gunung mas.TEPI ASPAL.HANYA 112KM dari palangkaraya semua jalan aspal
          {2}100% Tanah merah dan kuning,tidak ada pasir dan tidak gambut.karena saya yang track jalan keliling dgn dua GPS saya
          {3}Lebar batas belakang adalah 1750 m,sudah dibuatkan jalan.
          {4}Apabila ditarik garis tengah untuk buat jalan poros maka JALAN POROS HANYA 1.140 METER
          {5}Lahan SKT Camat ,bekas ladang
          {6}harga murah hanya Rp 9.500.000,- per hektar,pihak investor terima SKT CAMAT.
          Apabila ada deal pembelian tanah dgn pihak buyer,Untuk pihak mediator/perantara mendapat bagian 10% dari total penjualan
          terimakasih.

  26. salamalik.. mau tanya jenis singkong apa yg bagus u/di tanam ? dan di mana saya bisa dapat bibit yg bagus di lampung, saya tinggal di tanggamus lampung. trimakasih infonya slm sucsess untuk bpk.

  27. klo mau ada yg sewa lahan 7 hektar lokasi di kaliasin natar jarak kurang dari 1 jam dari bandarlampung (jadi 1 blok) silahkan kontak ke saya , sewa lahan 2,5jt/hektar/tahun, lahan juga mau dijual harga 230jt per hektar (nego) nantinya lahan masuk kota bandarlampung

  28. salam kenal gan..
    sy masih newbie dalam hal usaha berkebun singkong gan…mohon petunjuknya….
    4 bulan yg lalu ane sempat ikut gathering bareng dgn rekan2 utk berencana buka usaha singkong. Pada saat itu ane dapat informasi bahwa utk 1 stek batang singkong bisa menghasilkan umbi rata2 antara 15 kg s/d 25 kg. paling minimal 15 kg, ini menggunakan bibit unggul dari daerah jawa timur…
    ane mo nanya apakah benar informasi bahwa dengan menggunakan bibit unggul kita bisa mencapai hasil 15 kg minimal per batang…
    jika diasumsikan hasilnya 15 kg per batang maka utk 1 ha lahan dgn jarak tanam 1m x 1m maka akan didapat 10.000 btg x 15 kg = 150 ton. jika dilihat dari hasil yg didapat bisnis ini cukup menjanjikan…
    mohon infonya gan….
    terima kasih banyak gan……

    • Meningkatkan hasil produksi kebun singkong dapat anda lakukan dengan multivitamin Oreza Singkong yg telah terbukti di area lampung meningkat 200%. Silahkan berkonsultasi bersama Bpk.Panji Jiputro dari OREZA INDONESIA dengan menghubungi HP : 081331467829. Untuk mendapatkan KONSULTASI GRATIS dan SOLUSI SUKSES USAHA TANI

  29. ini artikel yang sangat menarik dan mendidik, boleh tanya kan, saya tinggal di bekasi bisa gak bapak kasih arahan dimana tanam singkong yang baik bagi kami, apa di lampung atau dimana, kalau dilampung lampung mana. Atas jawabannya kami ucapkan terima kasih

  30. Salam kenal pak Jiputro,
    Saya pernah dengar ada singkong jenis hidayah, apakah jenis ini lebih unggul dari jenis manggu. Apakah jenis bibit yang ditanam pak Jiputo, mohon perjelasannya.
    Salam sukses

    • Bibit singkong banyak jenisnya tergantung permintaan produk, kalau ditempat kami bibit singkong biasa karena dijadikan untuk tapioka dan kebutuhan pabrik

  31. pak sy saat ini butuh banyak bibit singkong kasetsart,ditulang bawang banyak tidak? penjelasan lengkap hub saya segera ya pak.tks

  32. NUMPAMG NANYA kira2 kalo nanem singkong darul hidayah di lampung , pabrik yang mau nampung di,mana ya?

  33. Salam..
    saya mau bertanya dengan pak Jiputro..
    apakah lahan yang dahulunya ditanami kebun albasia dan ditanami singkong akan baik hasilnya??
    dan apakan waktu menanami, lahan diistirahatkan dulu atau langsung saja ditanamin, ??
    tk

  34. slm kenal sy Ketua MSI ( masyarakt singkong indonesia ) kutai timur,sangata Kaltim. sy ingin mendapat bantuan info untuk kerjasama mengembngkan singkong di Kaltim, khususnya di daerah kami jika ada hub sya. tks sy harap ada yang serius potensi lahan sngat banyak dan luas

  35. yang terhormat pak Jiputro salam kenal. saya petani singkong di wilayah way kanan, pengen nanya niiih paak, ada ngk yaa pemodal yg bisa diajak kerja sama untuk pertanian singkong, kebetulan kelompok kami ada 50 anggota dgn luas lahan total 150 hektar, karna minimnya modal untuk pengolahan lahan, dan pemupukan, hasil kami belum maksimal, sebagai contoh panen tahun ini kami hanya memperoleh 20 – 25 ton/ha sedangkan jika diolah secara benar tetangga kami dgn pengolahan tanah yg sebagaimana bpk sebut di atas memang benar hasil bisa 30 – 40 ton , oleh sebab itu pada kesempatan ini kami memohon pada bpk dapatlah kiranya membantu kami, mencarikan penyandang dana guna bekerja sama, dan kami sanggup mengembalikan dana tersebut keseluruhan tahun kedua, untuk setiap panen hasil bersih dibagi sesuai kesepakatan, jika ada yg berminat hubungi saya di an Mashadi.

  36. saya sudah bisa bikin boiethanol dg kadar bermacam2…
    persoalannya, pasar sengat terbatas, selama ini hanya terdistribusi di beberapa rumah sakit saja. apakah ada pengepul atau industri lanjutan yang mau menerima ethanol dalam jumlah besar?? dan berapa kira2 harga yang mereka tetapkan??

  37. Salam Kenal pak,

    Saya mau tanya : Jenis Bibit singkong apa yg bagus
    dan dimana saya bisa dapatkan dan harga berapa?

    terima kasih
    Zulkifli

  38. salam kenal …
    nama saya Timansyach asal daerah dikalimantan tengah kab.Sampit
    ditempat kami banyak lahan masyarakat yang kosong mau tanam kelapa sawit modal terlallu besar..,yang saya ingin tanyakan bisa kah abang carikan investor /pengusaha singkong yang mau investasi didaerah kami..??di tunggu bang infonya….

  39. pak, saya ada tanam singkong merah di pekanbaru – riau. 10hektar uda ber umur 5 bulan. jd apa ada agen pemborong ato pabrik tapioka di riau. mohon di joinkan. kalo ada bisa email. terimakasih sebelumnya.

  40. pak, saya ada tanam singkong merah di pekanbaru – riau. 10hektar uda ber umur 5 bulan. jd apa ada agen pemborong ato pabrik tapioka di riau. mohon di joinkan. kalo ada bisa email. terimakasih sebelumnya.

  41. Salam kenal,
    Saya amat minat untuk mulakan usaha singkong hanya saya blum ngreti cara serta kos biaya yg terkini. Gimana kalau saya mau tau ya caranya.

  42. Singkong & keju wena.

  43. Salam kenal pak, saya alhan dari jambi mempunyai keinginan untuk memulai usaha kebun singkong. saya sudah mempunyai lahan seluas 5 hektar, tapi saya masih bingung dalam hal pembuatan, pemeliharaan dan yang terutama pemasarannya nanti. Tolong petunjuknya. Saya ingin berkomunikasi dengan bapak secara langsung. bisa minta nomor Hp bapak, Trims..

  44. Ass wr wb
    salam kenal….
    sy dari probolinggo Jawa Timur dan sudah tanam singkong agak luas tapi pemasarannya dalam sekala banyak susah di temui, apakah bapak mempunyai referensi untuk daerah Jawa timur khususnya pabrik. terima kasih….

  45. Saya berencana memulai tanam singkong di bulan September thn ini pak. Apakah waktunya tepat? Dan singkong yg akan saya tanam Singkong racun. Mohon pencerahan utk memperoleh bibitnya pak. Apa bapak punya bibitnya? Saya butuh bibit unggulnya dan per pohon brp Kg panennya? Brp harganya dan bgmn cara pembelian, pembayaran dan pengirimannya? Bapak bisa saya hubungi di nomor hp mana? Mohon saya di hubungi

  46. Salam kenal pak.
    Sy saat ini mengembangkan perkebunan singkong dg varietas Singkong Gajah dan pembuatan pabrik tapioka di wilayah Kukar. Bila memungkinkan untuk kita bekerjasama bisa kita tindak lanjuti.
    Saya tunggu feed back nya. Thanks.

  47. punya lahan kosong sekitar 5 ha tap bukan di daerh lampung ,KALW mslh bertani singkong saya bisa tapi selama ini terkendala dengan pemsaran / kemana menjualnya, kalaw ada info mengenai tmpt penjualan agen singkong bisa hub saya sangat tertarik untuk bisnis ini untuk merbah hidup,,,trimsss

  48. salam kenal pak, saya dari sukabumi saya seorang pengepul banyak sekali singkong di daerah saya dan saya mau tanya bisa kasih tau gak pak penerima singkong d lampung hrga sekarang dari saya 680/kg blm ongkos kirim terimaksih

    • saya rasa harganya tidak sesuai jika harus dikirim ke lampung, di rekanan pabrik kami banyk menerima singkong berapapun jumlahnya

  49. bagi yang serius bisa datang lansng ke lokasi hub hp saya

    • silahkan hubungi admin terlebih dahulu jika ingin beriklan

      • Saya yopi.dipalangkaraya.Mohon Bp Jiputro bisa kirimkan alamat email,tolong Pak dikirimkan ke HP saya atau alamat email. Saya mau kirimkan proposal penawaran tanah saya pribadi seluas 98,03 ha,satu hamparan dekat 14 KM pabrik PT.MSAL(sudah produksi),18km jarak ke calon pabrik sawit PT.BMB,13km jarak ke calon pabrik di taringin.Saya lampirkan juga peta tanah saya tsb
        {1}Lokasi desa bereng jun,kab.gunung mas.HANYA 112 KM DARI PALANGKARAYA.SEPANJANG JALAN ASPAL
        {2}100% Tanah kuning dan merah,datar,tidak ada tanah gambut dan tidak ada tanah pasir.Karena saya yang track jalan keliling areal tanah saya dgn dua GPS saya.
        {3}Lebar tepi sapal 100 meter. Lebar batas belakang adalah 1750 m yang sudah ada jalan juga sepanjang 1750 m.
        {4}Apabila dari tepi aspal,tarik garis tengah untuk buat jalan poros ke bagian belakang di tengah maka JALAN POROS HANYA 1.140 M.
        {5}Lahan SKT CAMAT,bekas ladang,yang saya beli(kwitansi diatas materai)dgn keenam belas pemilik tanah sebelumnya(warga desa bereng jun)
        {6}Harga murah hanya Rp 9.500.000,- per hektar,pihak investor terima SKT CAMAT
        Apabila ada deal dgn pihak investor,untuk pihak meditor/perantara menerima FEE/Komisi 10% dari total penjualan

        Terimakasih .Yopi

        • mohon kepada Bp Jiputro,bisa dicarikan pihak buyers untuk tanah saya yg seluas 98,03 ha tsb diatas.

          • Maaf Pak Jiputro saya tambahkan informasi dari lahan tanah saya yg seluas 98,03 ha jaraknya:
            {1} ke arah Pabrik KARET,yang termasuk paling besar di kal-teng, jaraknya 68 km.Pabrik karetnya dari palangkaraya jaraknya malahlebih dekat yaitu 46 km,40 km sebelum kota kasonagan.
            {2}ke arah pabrik tepung tapioka PT.Cempaga Jawau Industri kapasitas 200 ton per hari yang ownernya juga ada pabrik di lampung.
            yang saya sebutkan semua diatas benar adanya.yang pasti jaringan Bp Jiputro sangat luas,pasti bisa mendapatkan kebenaran informasi saya diatas.

            Terimakasih

          • Maaf Pak Jiputro saya tambahkan informasi dari lahan tanah saya yg seluas 98,03 ha jaraknya:
            {1} ke arah Pabrik KARET,yang termasuk paling besar di kal-teng, jaraknya 68 km.Pabrik karetnya dari palangkaraya jaraknya malahlebih dekat yaitu 46 km,40 km sebelum kota kasonagan.
            {2}ke arah pabrik tepung tapioka,sebelum pelantaran, PT.Cempaga Jawau Industri kapasitas 200 ton per hari yang ownernya juga ada pabrik di lampung.,JARAKNYA 161KM
            yang saya sebutkan semua diatas benar adanya.yang pasti jaringan Bp Jiputro sangat luas,pasti bisa mendapatkan kebenaran informasi saya diatas.

            Terimakasih,YOPI

          • Mohon kepada Bp Jiputro,untuk bantu saya mencarikan pihak buyer tanah saya yg seluas 98,03 ha tsb.Karena saya perlu modal dan ingin sekali untuk berkebun,saya masih punya tanah yang lain(3km dari tanah yg pertama) untuk berkebun.

    • Kenapa tidak membuat pabrik sendiri saja Pak, skala kecil atau menengah, sambil merintis pasar dan memperkenalkan merk dagang sendiri. Setelah itu bisa membuat yg lebih modern. Bapak bisa hubungi saya

  50. aslkm mau tanya .kalau dibatamsudah ada belum yang tanam karna .gimana cara nya gan mohon pencerahan

  51. lahan saya terlalu lama masa panennya sehingga kurang efisien utk lahan yang produktif..

  52. Kpd Bp Jiputro

    Saya Yopi,dari Palangkaraya.Saya minta alamat email Bapak,supaya saya bisa kirimkan proposal penawaran penjualan ttanah saya
    {1}LUAS 98,03hA
    {2}Lebar tepi aspal 100 m,lebar batas belakang sudah ada jalan sesuai panjang 1750 m.
    {3}apabila ada di tarik garis dari tepi aspal sampai ke bagian belakang tengah,hanya dibuat jalan 1.140 m.
    {4Hanya 112 km,dari palangkaraya.waktu dua jam.Semua jalan ke tepi aspal tanah saya adalah aspal
    {5}Lokasi desa bereng jun,kabupaten gunung mas
    {6}Jarak Pabrik:a. 12 km,kearah Pabrik (produksi PBS)PT.MSAL
    b. 18 km kearah calon pabrik PT.BMB
    c.13 km kearah calon pabrik PKS taringin
    d. 69 km kearah p[abrik karet km,kalau dari palangkaraya lebih dekat hanya 47 km
    e,.175 km,kearah pabrik tepung tapioka PT.CEMPAGA Jawau Industri
    {6}Harga per hektar tanah saya ,murah,hanya Rp 8.500.000,-{delapan juta lima ratus ribu rupiah}
    {7}Lahan SKT Camat,bekas ladang yang sudah dibeli yopi
    {8}Tanah merah dan kuning,tidak ada gambut ,dan tidak pasir
    {9}Ada jaringan PLN
    demikian gambaran umum areal tanah saya.Mohon bantuan dicarikan invevest oleh Bp Jiputro.Terimakasih sebelumnya

  53. Salam persinggahan!!! Nak tanya, ada x sapa2 disini yang nak jual hanphone 2nd atau baru? lawati kami

  54. saya tinggal lamongan dan saya ketua kelompok tani yang memiliki lahan seluas 30 ha jika ada yang serius berminat mengelola lahan tersebut hub saya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.