Peluang Budidaya Karet

JIPUTRO.net – Karet (termasuk karet alam) merupakan kebutuhan yang vital bagi kehidupan manusia sehari-hari, hal ini terkait dengan mobilitas manusia dan barang yang memerlukan komponen yang terbuat dari karet seperti ban kendaraan, conveyor belt, sabuk transmisi, dock fender, sepatu dan sandal karet. 

Tanaman karet memerlukan waktu 4-5 tahun untuk dapat disadap, oleh karena itu pembangunan perkebunan karet memerlukan investasi jangka panjang dengan masa tenggang 4-5 tahun. Berikut adalah hasil evaluasi usaha perkebunan karet di desa Tridarma Wirajaya Kabupaten Tulangbawang di perkebunan milik saya, Tulangbawang merupakan merupakan salah satu daerah penghasil karet mentah terbesar di Lampung.

Tabel 1 : Tabel Evaluasi Umum

URAIAN KETERANGAN
Luas Lahan 1 ha. (10.000 m2)
Jenis Bibit Karet Daun lima lima asal Palembang
Jarak Tanam 4 x 5 m
Masa sebelum Panen 5 tahun
Jumlah bibit Kurang lebih 500 batang
Masa Panen Minimum 10 Tahun

Tabel 2 : Tabel Evaluasi Tahapan Pembukaan dan Pemeliharaan.

WAKTU KETERANGAN
Hari-1 Pelubangan 500 lubang
Bulan-6 Pembelian Bibit 500 batang Penanaman 500 lubang Pupuk NPK Karet 2 sak
Bulan-7 Pembersihan Lahan
Tahun ke 1 sd ke 3  Pentunasan 2 kali sebulan selama 3 tahun
Tahun ke 1 sd ke 3  Pemupukan NPK, UREA dan KCL setiap 6 bulan sekali atau 5 kali dalam 3 tahun 
Tahun-4 sd Tahun-5  Pemupukan NPK dan UREA setiap 6 bulan sekali atau 4 kali dalam 2 tahun

Tabel 3 : Evaluasi Biaya Investasi dan Pemeliharaan. (Rp/ha)

- TOTAL BIAYA INVESTASI Rp. 42.000.000 = Pembelian Lahan Kosong Rp. 35.000.000 + Bea Balik Nama (melalui Notaris) Rp. 5.000.000 + Pembukaan lahan dan penanaman Rp. 2.000.000 

- TOTAL BIAYA PEMELIHARAAN Tahun Ke-1 sd 5 Rp. 10.000.000 = Pemeliharaan Tahun ke-1 Rp. 2.000.000 + Pemeliharaan Tahun ke-2 s.d. 4 Rp. 5.000.000 + Pemeliharaan Tahun ke- 5 Rp. 3.000.000

TOTAL BIAYA INVESTASI & PEMELIHARAAN Rp.52.000.000

  Tabel 4 : Tabel Evaluasi Pendapatan

UARAIAN NILAI KISARAN
Hasil Berat karet basah/bulan 500 kg
Harga karet/Kg basah  Rp 8,000 (rata-rata minimal pada tahun 2009)
Pendapatan kotor/bulan Rp 4,000,000
Upah penderesan/bulan Rp 1,200,000
TOTAL PENDAPATAN/bulan Rp 2,800,000
TOTAL PENDAPATAN Thn Ke-6 sd 15 Rp 336,000,000 (asumsi harga rata2 karet mentah stabil Rp.9000)
TOTAL B.INVESTASI & PEMELIHARAAN Rp 52,000,000
TOTAL PENDAPATAN BERSIH Rp 284,000,000 (selama 10 tahun)
karet-jiputro.net
karet-jiputro.net

Kebutuhan karet alam maupun karet sintetik terus meningkat sejalan dengan meningkatnya standar hidup manusia. Pertumbuhan ekonomi dunia yang pesat pada sepuluh tahun terakhir, terutama China dan beberapa negara kawasan Asia-Pasifik dan Amerika Latin seperti India, Korea Selatan dan Brazil, memberi dampak pertumbuhan permintaan karet yang cukup tinggi, walaupun pertumbuhan permintaan karet di negara-negara industri maju seperti Amerika Serikat, Eropa Barat dan Jepang relatif stagnan.

Menurut perkiraan International Rubber Study Group (IRSG), diperkirakan akan terjadi kekurangan pasokan karet alam pada periode dua dekade ke depan. Hal ini menjadi kekuatiran pihak konsumen, terutama pabrik-pabrik ban seperti Bridgestone, Goodyear dan Michellin. Hasil studi REP meyatakan bahwa permintaan karet alam dan sintetik dunia pada tahun 2035 adalah sebesar 31.3 juta ton untuk industri ban dan non ban, dan 15 juta ton diantaranya adalah karet alam.

Pertumbuhan produksi untuk Indonesia dapat dicapai melalui peremajaan atau penaman baru karet yang cukup besar, dengan perkiraan produksi pada tahun 2020 sebesar 3.5 juta ton dan tahun 2035 sebesar 5.1 juta ton. [ Jw/Jiputro.net]

TAKSIR DANA ANDA UNTUK BELI KEBUN. KLIK LINK DIBAWAH INI !!

Info Investasi AMAN : KLIK KEBUN LINK DIBAWAH INI UNTUK MENAMBAH PENDAPATAN ANDA

PASANG IKLAN GRATIS : IKLAN & LINK IKLAN USAHA ANDA AKAN DIMUAT JIKA ANDA KLIK SEMUA IKLAN DIATAS & HALAMAN DEPAN DI WEB INI
Tags: , , , , ,

About jiputro

Berbagi informasi dan peluang usaha mengenai hasil pengalaman Jiputro selaku pemilik perkebunan di Lampung. Silahkan follow twitter @jiputro klik https://twitter.com/jiputro
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

41 Responses

  1. Estimasi produksi per bln kok tinggi sekali sih, bukanya hasil sadap per bln bisa 300 kg sudah baik ?

    • Assalamu’alaikum wr.wb
      Saya ingin meningkatkan produksi getah karet,bagaimana caranya?
      saya petani karet di Palabuhanratu, Sukabumi Jawabarat
      untuk sharing ke 085860307777

  2. Di tempat milik saya daerah lampung, pada umumnya bukan jenis karet alam (bibit daun lima dari Palembang). Satu hektare terdapat rata-rata 600 jumlah pohon, satu minggu per pohon memberikan hasil sadap rata rata 2,5 ons/pohon (5 kali sadap dalam seminggu). Jadi dalam satu hektare memberikan hasil sadap minimal 500 kg/bulan.

  3. ada tempat pembuangan bagus ga ? saya juga orang lampung ,,, ikut partai donk ….

    • Tempat pembuangan terbaik saat ini masih ada di Palembang dg selisih harga dg Tulangbawang hingga Rp.5000/Kg, namun baru2 ini ada tempat penimbunan baru yg ada di Simpang Penawar dg selisih harga Rp.3000/Kg.

  4. kalo yang di simpang penawar ini alamatnya sebelah mana?
    saya dari seputih banyak-lampung tengah.

  5. harga karet basah sekarang per kilox brpaan y ? tertarik nih usaha karet…
    thx

    • HIngga hari ini harga karet basah kualitas terendah di Lampung sekitar Rp.17rb/Kg. Harga naik turun antara Rp.15rb s/d Rp.17rb/kg.

  6. tau tempat jual bibit karet yang bagus/tidak mengecewakan ngak,saya mau beli. kira2 bibit berapa ya per polibag ?.karna kmrin saya dapat bibit bantuan proyek GERHAN 2005…bibit nya banyak tidak mengeluarkan getah,sangat mengecewakan lah,niat nya saya mu buka lahan baru…. di lokasi palembang saja,,,no hp yg jual boleh kalau ada yang tau….

    • Selama ini kami membeli bibit jenis daun lima dari Palembang, anda perlu berapa ratus ribu bibit ?

      • Saya juga tertarik beli. Apakah daun lima hasilnya jauh lebih bagus?
        nama resminya (versi balai) apa ya? RIM, PB?

        Untuk pembelian, minimal berapa? Rencana penanaman hanya 2 hektar saja, untuk regenerasi. Dan harga perbuah berapa?

        Terimakasih

  7. harga segitu anda uda terima bersih ato masi dikurangin ongkos transportasi ke pabriknya ? ermm, mw tanya jga nih mas, kalo perkebunan sejenis karet ini artinya setipe ama kebun sawit y ? mesti ada pabrik di arreal sekitar sana spy bsa kejual ?

    • Harga di tempat petani, mengenai jenis perkebunan anda bisa membaca artikel2 kami sebelumnya

      • maksud saya ini, klo kta ngebuat kebun trus ga ada tempat pembuangan di daerah skitar apa masi boleh gtu mas ? krna yg saia tau klo kebun karet itu butuh tempat pembuangan (pabrik pengolahan) di dekat sana ? mohon pencerahannya ( saia berasal dri sulawesi dan sangat berminat dgn usaha ini) thanks

        • Kalau perkebunan sawit sangat berat jika belum ada tempat pengolahan (Pabrik CPO), tp kalau kebun karet tidak perlu ada tempat pengolahan karena di tempat saya juga tidak ada pabrik pengolahan.

  8. Bukankah umur pohon karet sampai 20 tahun, saya jenis klon PB, stum mata tidur, tk

    • Untuk jenis karet Alam usia produktif bisa mencapai 20 tahun, selain jenis karet alam umumnya hanya mencapai 15 tahun (tergantung cara sadap dan perawatannya)

  9. saya dari lubuk linggau sumsel ingin menawarkan kepada siapa saja yang berminatuntuk infestasi,saya mempunyaai sebidang tanah yang lumayan luas sekitar 85 ha,cuma saya tidak mempunyai dana untuk membuat perkebunan karet.jika ada yang berminat hubungi 082175111446

  10. permisi,numpang tanya.sy dari kalimantan mau tanya jenis tanah(gambut/kering/jenis lain)apa yg cocok di gunakan sebagai perkebunan karet? trmksh

  11. terimakasih pak

  12. bang, harga rata-rata tanah 1 Ha berapa di lampung tengah. Saya ingin inves ke sana.

    Saya di Mojokerto, Jawa`Timur bos. pengen tahu info kalau pengembangan bibit karet. cs, disini jarang ada pengembangan pohon karet…., untuk daerah rendah dengan curah hujan tinggi, apalagi sekarang cuaca lagi ekstrim. mungkin ada rekonmendasi jenis bibit karet bang. terima kasih

    • Harga tanah siap untuk dijadikan kebun (bersertifikat) : 40jt sd 50jt/ha, lokasi disekitar pemukiman

  13. Saya punya bibit karet Three in One, Tiga anakan di stek jadi satu. Daun 3. Tinggi 1 m-an. Banyak 17000 polibag siap tanam. Harga FOB Lampung Rp.5000/polibag. Minat hub 021-95612202.

  14. saya dari beteleme sulawesi tengah, untuk pembelian bibit unggul daun lima sebanyak 5000 bibit harganya berapa(harga sy terima di beteleme)

  15. Saya, di jawa tengah ( Mijen Semarang) mengingat di daerah saya ada ribuan hektar tanaman karet yang sudah dan sedang di buat perumahan, saya berinisiatif membuat kebun karet, disamping untuk paru-paru kota juga bisa menghasilkan, bagi yang punya tip menguntungkan untuk lahan +/- 2 hektar, tolong bisa info ke saya, di jawa di mana beli bibitnya, harga berkisar berapa tinggi berapa cm

  16. Ass mas, klo boleh sya bertemu, rencananya sabtu iniau lampung mau liat langsung perkebunan karetnya.

    • Silahkan, anda bisa mengunjungi secara langsung kebun kami yg ada di Tulangbawang Lampung. buat appointment terlebih dahulu ke : 021-95612202. nanti akan kami sambungkan dg pengelola disana.

  17. assalamu alaikum wr.wb
    kalo boleh tau gimana caranya sy untuk menjual hasil karet
    lokasi saya di makssar..
    kalo ada yg bisa bantu sy tolong hub sy

  18. saya mau menanam karet di daerah pegunungan. jenis bibit apa yg cocok

  19. Pagi pak jiputro,
    saya mau tanya nih, di skitar masi tersisa lahan/kebun karet yg bisa dibeli gak yah? saya berencana untuk beli kebun karet yg sudah jadi(sudah ditanam) dan biasanya maintenance feenya itu kira2 berapa yah? Mohon informasinya pak. Terima kasih banyak.

    • Daerah Tulangbawang Lampung merupakan daerah perkebunan kare terbesar di Lampung dan daerah perkebunan singkong terbesar di Asia, harga kebun karet siap sadap (umur 5thn) kini seharga 125.jt/ha (bersertifikat). Jika anda berminat serius silahkan hubungi kami. Salam

  20. Pak Jip: apa obat jamur akar putih?…kalo ada dimana belinya kalo didaerah bengkulu kususnya kecamatan girimulya ada ga?…

  21. Bagi para pembaca untuk artikel ini kami tutup komentarnya dan kami pindah ke analisa terbaru kami berjudul “Investasi Kebun Karet dan Singkong Untung 700jt” yang dapat ditemukan di link : http://jiputro.net/perkebunan/investasi-kebun-karet-dan-singkong-untung-700jt. Salam

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.