Harga Karet Diprediksi Makin Gemuk di Tahun Kelinci.

JIPUTRO.net – Sepanjang tahun 2010 harga komoditas tersebut telah naik lebih dari 50%, setelah pernah terpuruk pada tahun 2009. Lalu bagaimana dengan harga karet pada tahun kerbau ini, kami memprediksi harga karet dunia pada awal ini hingga pertengan tahun akan makin menguat pada kisaran diatas US$2 per kilo. Hal ini disebabkan sejumlah negara konsumen karet terbesar masih akan mencatat permintaan tinggi terhadap komoditas karet dalam volume yang cukup besar seiring dengan pertumbuhan ekonomi di negaranya masing-masing.

www.jiputro.net

Prediksi menguatnya harga karet dunia ini pernah ditegaskan pula oleh  Ketua Umum Gabungan Perusahaan Karet Indonesia (Gapkindo) Asril Sutan Amir  “Baik faktor harga dan permintaan sama-sama berpengaruh sehingga volume dan nilai mengalami kenaikan. Volume akan naik di kisaran 7-8%, sementara harga akan berada di kisaran US$3,5-US$4,5 per kilo. Jika harga karet berada pada rata-rata US$4 per kilo, kemungkinan nilai pada tahun depan akan mencapai US$10 miliar,” ujar Asril di sela-sela pemaparan review dan outlook komoditas karet Indonesia pada bulan desember 2010 melalui harian Bisnis Indonesia.

Selain itu Karet Research Institute Thailand mengemukakan Thailand selaku exportir karet terbesar pernah menyatakan bahwa Thailand mengalami minim pasokan di tengah kuatnya permintaan dari pembeli lokal dan global.

Selain faktor utama diatas, berikut saya kumpulkan beberapa faktor pendukung kenaikan harga karet dunia pada tahun 2011 dari berbagai sumber : 

1. Produksi getah karet Asia Tenggara diperkirakan menyusut.

Chaiwat Muenmee, analis DS Futures Co juga pernah mengkhawatirkan atas pasokan yang terbatas dari produsen utama karet di wilayah Asia Tenggara akan memicu kenaikan harga. Pengurangan pasokan komoditas tersebut disebabkan Thailand sebagai eksportir utama karet akan memasuki musim rendah produksi pada awal tahun depan, hal ini diperkuat dengan analisa dari  Analis Fujitomi Co. Kazuhiko Saito yang memprediksi gejala penurunan produksi musiman yang terjadi di Thailand pada awal tahun 2011. Hal ini disebabkan berkurangnya proses penyadapan pada periode musim dingin yang berlangsung Februari-April 2011 dan keterbatasan pasokan dari provinsi Thailand bagian selatan di tengah permintaan yang kuat atas komoditas tersebut.

2. Penjualan mobil di China dan India semakin meningkat.

Permintaan komoditas karet makin diprediksi menguat akibat lonjakan penjualan mobil di China dan India. Proyeksi tersebut didorong oleh aksi pembelian yang dilakukan investor, pasar juga akan lebih aktif seiring kenaikan harga tembaga dan minyak menyusul proyeksi pemulihan ekonomi akan meningkatkan permintaan komoditas industry (seperti dikutip Bloomberg pada des 2010).

3. Curah Hujan Tinggi Turunkan Pasokan Karet

Soeharto, Direktur Eksekutif Gabungan Pengusaha Karet Indonesia (Gapkindo), memperkirakan pasokan  komoditas karet global pada tahun depan masih terganggu akibat tingkat curah hujan yang diperkirakan tetap tinggi. Hujan yang terus menerus di tiga negara terbesar produsen karet yaitu Thailand, Indonesia, dan Malaysia, telah mengganggu dan menurunkan produksi.

4. Pemulihan kondisi ekonomi negara maju

Permintaan karet berpotensi tumbuh seiring pemulihan ekonomi di negara maju seperti Amerika dan Jepang serta kondisi ekonomi yang relatif stabil di dua negara konsumen karet terbesar di dunia yaitu China dan India. Harga karet cenderung menguat setelah Federal Reserve menyatakan perbaikan ekonomi AS masih berlanjut dan meningkatkan optimisme investor akan kenaikan permintaan komoditas itu.  Analis ACE Koeki Co., Tokyo, Hisaaki Tasaka mengatakan bullish fundamental akan mendorong harga karet.  (Bisnis Indonesia desember 2010).

5. Meningkatnya volume ekspor karet Indonesia pada 2011

Kendati masih terkendala anomali cuaca hingga April, volume ekspor karet Indonesia pada 2011 diperkirakan tetap akan mengalami kenaikan hingga 8% dibandingkan dengan perkiraan realisasi tahun ini sebesar 2,4 juta ton. Selain kenaikan dari segi volume, nilai ekspor karet juga diprediksi mengalami kenaikan signifikan sekitar 25% dibandingkan dengan perkiraan realisasi nilai ekspor pada tahun 2010 sebesar US$8 miliar.

Berbagai faktor global pendukung diatas makin membuat keyakinan saya bertambah besar bahwa harga karet di dalam negeri dapat menembus kenaikan hingga 30% pada tahun kerbau ini, seperti diketahui bersama harga karet mentah basah di Lampung  Jan 2011 Rp. 14.000/Kg. (hasil analisa jiwang/jiputro.net)

 

TAKSIR DANA ANDA UNTUK BELI KEBUN. KLIK LINK DIBAWAH INI !!
Tags: 

About jiputro

Berbagi informasi dan peluang usaha mengenai hasil pengalaman Jiputro selaku pemilik perkebunan di Lampung - CV.ATM
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

139 Responses

  1. Sya ptni kret byasa asal OKU sum-sel. Cma pngen tnya, knpa hrga karet t4 kami anjlok hingga 25 %. Sdngkan prediksi yg sya bca di artkel mas, hrga kret akn trus mlonjak hingga msim dpan. Ada apa y?… Mhon pnjelasan…,-

    • Coba diperinci dari harga berapa menjadi harga berapa ?. Karena harga karet basah kualitas terendah di Lampung saat ini mencapai Rp.18000/Kg dari harga terendah sebelumnya yakni hanya mencapai Rp.6000/Kg.

      • Ass.wr.wb. Mas Jiputro, mau tanya nih, berapa harga pasaran getah karet di sanggau Bodok Pontianak saat ini. Terima kasih atas pencerahannya.

  2. benar sekali pak,,kata mas didk knapa di bulan2 ini harga karet kok jadi turun drastis,kira2 karna ada faktor apa ya….?

    • Harga di pasaran dunia masih stabil, bahkan cenderung naik. Harga pasaran lokal memang terkadang naik turun, dan salah satu penyebabnya adalah permainan tengkulak setempat dalam hal spekulasi harga.

  3. slam kenal..pak jiputro.
    saya muhtar, mau tanya. gimana harga karet dunia sampai bulan juni 2011?
    apa naik atau turun?

  4. pak, menurut perkiraan untuk bln april 2011 brp rupiah harga perkilogram?

    • Harga Karet bulan April akan membaik namun dipastikan akan positif stabil pada bulan september

    • Harga karet minggu ini sudah mulai stabil, di Lampung Harga karet basah kualitas terendah mencapai rp.15rb/kg, di bengkulu bisa mencapai Rp.20rb/kg.

  5. mhon pncerahan nie, biar update harga karet mentah cari tw d mn y? tengkyu

  6. mudah-mudahan harga karet ditahun selanjutnya, akn lebih baik lagi,
    amiennn………

  7. Salam kenal bos.jiputro bos pridiksi harga karet bokar di palembang pada bulan mei berkisaran berapa…..ya…?, trim bos

  8. Assalam saya budi pengusaha karet saya mau tanya mas apaka sebab trun nya harga karet di bulan mei ini & adaka penaikan mas di bulan selanjut nya soal nya minggu ini saya sudah merugi mas trim ya mas wasalam

    • JIka memang anda pengusaha karet yg sudah berpengalaman tahunan maka anda pasti tahu penyebab naik turunnya harga karet, naik turun harga karet menjelang hari lebaran adalah hal yg biasa dan harga karet diatas Rp.8rb/kg bagi petani masih menguntungkan (cat : harga pupuk dan obat2an stabil seperti sekarang). Link : http://jiputro.net/perkebunan/peluang-budidaya-karet. Salam

  9. salam knl bpk jumitro,,saya mau nya,,bulan juni,,,harga karet naek apa turun?trmakasih,,,sblumnya..

    • Berdasarkan history tahun lalu ada kemungkinan turun, namun tidak banyak. Selengkapnya tunggu saja analisa kami selanjutnya.

  10. pak jiputro yg terhormat,…
    saya mau tanya,.. harga karet untuk wilayah lampung utara saat ini berapa ya pak??
    dan dimana tempat/alamat dimana saya bisa menjual karet saya dengan harga yang paling bagus di wilayah lampung utara,karna selama ini karet saya di beli dengan tengkulak setempat dgn harga yg tdk memadai,padahal saya tau harga pasaran untuk karet mentah saat ini sangat tinggi.trimakasih atas informasinya,…

    • Lamoung Utara tepatnya dimana ? Harga jual karet basah di Tulangbawang per hari ini Rp. 13.500/Kg sd Rp.15.000/Kg untuk kualitas terendah, sedangkan di Palembang Rp.18.500/Kg sd Rp.20.000/Kg

  11. Lampung utara tepatnya di kotabumi pak jiputro,dan mhon informasi dimana lokasi/t4 sy bisa menjual karet sy dgn harga yg paling baik di wilayah saya,… Trimaksh sblmnya,,..

  12. mas jiputro menurut prediksinya kira2 bulan berapa harga karet naik dalam tahun 2011 ini, trims

  13. hallo tolong bisa ngga kasih info harga karet terbaru dan diberitakan tiap hari

    • Untuk apa diberitakan setiap hari ? karena penjualan karet kan setiap minggu, bahkan ada setiap bulan. namun jika menginginkan siahkan hubungi kami di 021-95612202.

  14. bagus…s, maksih pak jiputro untuk infonya.., saya pengusaha karet dari Papua. Mhon bimbingannya.

  15. Salam kenal mas jiputro sy mmbli lahan kbn karet 3thn lalu dan sudah di tanami pohon karet,tapi krn wkt sy sngt trbts utk mngrs kbn tsb maka kebun tsb jadi terbengkalai,skrg sy bermaksud utk kmbli mengurus kebunsaya dgn serius.mhn kiranya mas jiputro mnjlskn pupuk apa saja yg hrs sy pakai serta takaran dan wkt pemberian pupuk,trims.

  16. Salam kenal mas jiputro,,, mau tanya harga karet minggu ini untuk daerah baturaja, sum-sel…. karet basah saat ini berapa mas….?. salam kenal. Rifki.

  17. Sy mau tanya mas. Kira2 brp harga karet minggu ini di pabrik2 penerima karet di palembang.. Trims.

    • Sekitar Rp.15.000/Kg, harga terbaik minggu ini di Medan

      • Sy mau ty ms, kira2 hrg karet bulan juli di petani di wulayah tulang bawang/mesuji apakah akan mengalami kenaikan apa penurunan….?

        • Untuk harga lokal bulan juli kedepan, tunggu analisa kami selanjutnya. Namun harga karet lokal saya proyeksikan naik karena nilai kontrak karet dunia pengiriman november ditransaksikan naik 0,2% didorong meningkatnya permintaan Jepang, Amerika dan China sebanyak 30% pada bulan depan, jika tidak ada permainan tengkulak lokal

  18. pak harga karet di palembang untuk bulan ini brp ya pak??

  19. harga karet untuk wilayah palembang brp ya pak..
    trimzz pakk>>>>

  20. Kami pengolah lateks.. 10.000 ltr s/d 50.000 ltr perminggu. bisa minta tolong carikan pasarannya nga pak??

    • Lokasi dimana ? Grade Kualitas apa ? silahkan hub kami di 021 95612202

    • kadar berapa % lateknya saya perlu 100 drum per bulan buat pabrik sepatu.mohon di info

    • mas apris bisa minta no Hp nya ya ….sy tertarik ni…sy budi trader latexs pekat jadi ( sudah di olah kimia ) tahan lama tdak bisa lsg kering dapat langsung dipakai untuk lem sepatu , spon , kertas ,oscar …untuk ini boleh dikirim conto n harga termurah tentunya..

  21. Ass pak jiputro. Saya mau tanya harga karet bulan Juni di Kalimantan Tengah khususnya Kota Kualakapuas,berapa ya? Trma ksh.

  22. Untk Kota khususnya Kualakapuas berapa ya pak?

  23. Bos, berapa harga karet untuk bulan juli 2011 di semarang, jawa tengah???

  24. slam knal pak jiputro,,,,sya mau nnya brpa kisaran harga kret juli 2011 di sumatera(jambi) yg akan dtang ap msih ada knaikan,,,

  25. mas di Kampar Riau saat ini harga karet cuma 14 ribu, sebenarnya berapa sih harganya mas ?? trims..

  26. di palembang berapa mas harga karet nya per kilo satu minggu ke depan

  27. sore mas jiputro,,salam kenal dari saya,,,saya pengusaha karet asal banten,saya mau tanya harga karet mentah dipabrik lampung skrang brapa???????

  28. pa saya pemain baru di karet, toolng beri tahu tentang jenis2 karet menurut tingkat harga nya

  29. ass. saya toke dari riau. jadi di mana pabrik yang bagus harga nya. mohan bimbinganbya

  30. bagi yg ingin ngjk krja sama daerah riau hub saya

  31. Karena banyaknya peminat Buku dan Tutorial yg kami terbitkan dalam bentuk Flash dalam kepingan serta kesibukan kami melayani investor yg datang secara langsung ke perkebunan kami, kami mohon maaf jika tidak sempat menjawab setiap komentar yg masuk.

    • Salam kenal Pak, prediksi harga getah karet di palembang untuk bulan 11-2011 sampai ke th 2012 brapa /kg nya Pak…?
      Tanks.

    • Salam kenal Pak, prediksi harga getah karet di palembang untuk bulan 11-2011 sampai ke th 2012 brapa /kg nya Pak…?
      Tanks.

  32. Mis saya mau tanya nih berapa harga karet di bulan Agustus nanti.

  33. salam kenal mas jip, sy tertarik dg usaha mengolah karet terutama lump tanah, bisakah mas memberikan sy gambaran tentang usaha dibidang itu? terima kasih

  34. Assalamualaikum, saya mau tanya bang, untuk kebun karet diwilayah maluku utara sudah ada pengembangan belum??? dan prospek pemasarannya bagaimana untuk kawasan timur indonesia. tanks

  35. mas jip, sy mau nanya nih. mas jip bisa kasih info nama2 perusahaan yg mau beli hasil karet.Terima kasih bila mas jip mau membantu.

  36. Pak jiputro salam kenal,saya dari jawa timur mau tanya harga pasaran kalo jual di pabrik sekitar brp ya? Thanks,pak.

  37. Apakah ada beda harga karet basah dengan karet kering mas Jupitro???

  38. harga karet boleh2 saja naik,
    asal harga sembako dan bbm tidak naik !
    ;-)

  39. Salam kenal mastah..
    Harga Karet untuk kawasan kalteng barito Utara dikisaran berapa ya?

  40. harga karet pada akhir bulan September di kota kuala kapuas kalimantan tengah, berapa ya ?

  41. mas mau tanya untuk disekitar baturaja sumata selantan yg jual NPK dan supertan ada dimana? dan untuk per hektar brapa banyak ? trima kasi…!

  42. untuk bulan nopember 2011 harga getah karet ber
    apa

    • kisaran Hingga akhir desember harga karet basah masih di sekitaran Rp.9000/Kg, dan kering kualitas sedang kisaran Rp.25.000/Kg

  43. salam kenal mas…

  44. Harga karet untuk kota Pontianak Kalimantan Barat per November 2011 berapa mas?

    • kisaran harga di Pontianak Hingga akhir desember harga karet basah masih di sekitaran Rp.9500/Kg, dan kering kualitas sedang kisaran Rp.26.000/Kg

  45. salam kenal !
    kapan harga karet stabil lagi?,di Tapanuli saat ini Rp.10.000-Rp.12.000/kg

  46. salam kenal mas jiputro,,,,,
    sya pengusaha karet kecil-kecilan di daerah rangkas bitung-banten,
    perkiraan harga karet tuk bulan ini di banten berapa ya.
    thnk,

    • kisaran harga di Banten Hingga akhir desember harga karet basah masih di sekitaran Rp.7500/Kg, dan kering kualitas sedang kisaran Rp.24.000/Kg

  47. saya mintak imfo dong harga karet sekarang dikuansing riau ……………. kapan kira2 harga ini stabil

    • kisaran di Riau Hingga akhir desember harga karet basah masih di sekitaran Rp.9000/Kg, dan kering kualitas sedang kisaran Rp.25.000/Kg. Stabil paling cepat awal tahun 2012

  48. oh ya saya sampai lupa perkenalkan nama saya ANDA pedagang karet kecil-kecilan di lubuk jambi kuansing riau

  49. bagaiman pak harga karet bulan november,dikalimantan selatan apa naik atau turun.

  50. salam hormat.
    Mo nanya, berapa harga karet di jambi november 2011?

    • Jambi dan Riau harga tidak jauh beda. kisaran di Riau Hingga akhir desember harga karet basah masih di sekitaran Rp.9000/Kg, dan kering kualitas sedang kisaran Rp.25.000/Kg. Stabil paling cepat awal tahun 2012

  51. kulat banyak ni…,tapi kena imbas harga turun…,dijual sekarang rugi…,
    bagaimana ni pak..? soalnya kurang informasi harga . ( sintang, KALBAR)
    Terima kasih

  52. Salam knl mas jiputro…berapa kira2 harga karet untuk tgl 5 desember 2011 smpai kedepan didaerah sumatera barat???tlng di kirim blsannya ke email : …atas jawabannya saya terlebih dahulu mengucapkan bnyk terima kasih…

    • kisaran dSumbar Hingga akhir desember harga karet basah masih di sekitaran Rp.9000/Kg, dan kering kualitas sedang kisaran Rp.25.000/Kg. Stabil paling cepat awal tahun 2012

      • mas jiputro kasih tahu imfo harga karet dipabrik pakan baru riau untuk minggu depan dong mas saya punya banyak stok karet tapi blm bisa jual harga blm masuk di apbrik kalau memang masuk harga minggu besuk saya mau krim

  53. ass untuk harga karet d rangkas bitung berapa,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,?????

  54. ass.mlkm…pak jiputro…sy ingin tanya mengenai KUD di tmpt kami kenapa harga karet tidak pernah sama dan KUD terbagi2 mohon penjelasan nya

  55. salam sjah tera untuk kita semua,,,,pak juputro kalu harga karet thun 2012 ini ap kh msih brtahan hrganya mampu menembus harga 20 ribu per klo,,,,,,,?????

  56. harga karet tahun 2012 naik patrun,
    trimakasih,,

  57. assalamualaikum.. Pak Jiputro .. mohon bantuannya ?? kira” harga karet di kalimantan timur tahun 2012 minggu ini kra” brpa y kisaran harganya ??

  58. Hallo,salam kenal mau nanya nh aku pengusaha baru di karet,aku baru buat pabrik pengasapan tp ga punya kebon karet..ada ga sh yg usahanya ky saya..Dan kenapa ya harga di pabrik-2 sama harga di internet ga sama..Sy harus bertahan gimana kl situasi seperti ini ya,Mohon penjelasannya..Trimaksih

  59. harga karet di pontianak kalbar naik ga kranya yeeeee

  60. di bulan februari kiranya naik gax harga karett

  61. ass pak, mau tanya , kira2 harga karet minggu ini untuk daerah riau khususnya kab,kampar brapa ya pak,mohon petunjuknya.

  62. Saya mau tanyak harga karet per kg sekarang berapa ya didaerah medan ?? Terima kasih…

  63. mas saya mau tanya berapa harga karet di musi rawas sekarang

  64. Salam kenal mas jiputro,anjluk ga kira kira harga karet pada bulan april 2012.??

  65. saya penegen tau berapa harga karet tgl 30 mei 2012,,apakah naik apa turun

  66. SAYA HANYA PETANI BIASA NAMUN KALAU MAS JIPUTRO TIDAK KEBERATAN TOLONG BERI SAYA NOMOR HP MAS JIPUTRO. SAYA INGIN SELALU MEMANTAU PERKEMBANGAN HARGA BOKAR KARENA SAYA PUNYA SIMPANAN KARET KERING SAAT INI KIRA-KIRA TIGA TON DISIMPAN SEJAK 2TAHUN YG LALU.

  67. salam kenal mas jiputro, saya mau tanya nih kira kira ada kenaikan harga karet gak y di bulan oktober 2012.. ????????

    • Untuk Bulan Oktober harga karet masih di kisaran 10rb, karena dampak krisis eropa dan penurunan penjualan otomotif, namun karet akan kembali naik di akhir tahun karena melemahnya nilai rupiah akan dollar yg bisa meningkatkan nilai ekspor selama kebijakan pemerintah mendukung hasil pertanian Indonesia

  68. saya ingin mencoba usaha jual beli karet, tapi belum tahu dimana tempat penjualan yang saya kumpulkan. Mohon info kalau di Lampung di mana ya?

  69. ya kami di aceh sangat mengharapkan agar harga karet di aceh bisa naik sekitar 30 rb perkilo .

  70. salam kenal pak jiputro,,,saya mau tanya harga getah pada bulan oktober 2012 di daerah sumatra utara kira-kira brapa ya pak?
    atas jawabanny saya ucapkan terima kasih banyak

  71. salam kenal pak jiputro,,,saya mau tanya harga getah pada bulan november 2012 di daerah sumatra utara kira-kira brapa ya pak?
    atas jawabanny saya ucapkan terima kasih banyak

  72. ad bi2t karet jenis pb260 harg 6 rb rupiah
    hubungi agusandriyanto

  73. saya mau tanya brapa pasaran harga getah tanah d kal-sel..

  74. di pertengahan th 2013 kira2 ada kenaikan harga karet gx…..

  75. harga karet skrg di daerah surabaya pak

  76. harga karet combo 4 di surabaya berapa pak

  77. Harga karet u/ kabupaten sintang skarang brapa pak. Kq hnya 8rbu z tengkulak na brani ambil

  78. hello mas jiputro…
    Sya mau nnya ne skrang harga getah karet (lumb) (slab) turun dalam bulan mei 2013 ini, prediksi untuk bulan JUNI – JULI. 2013 gimana..untuk daerah Buntok (kalimantan tengah)…bls ya thankq..

  79. pa sy mu tnya prdiksi harga karet agustus 2013
    di wilayah rangkasbitung banten

  80. pa sy mu tnya prdiksi harga karet agustus 2013 di kisaran brapa ?
    di wilayah rangkasbitung banten

  81. Mas Jiputro, saya mau tanya kebun karet di Bengkulu yang bagus di daerah mana ya? harga per Ha nya kira2 berapa? terimakasih

  82. pak klo untuk daerah jambi untuk jual karet d mana yg bagus harga y., tpd tinggal saya ada d kec batin xxiv.,
    trus d mn saya bs pesan bibit karet yg bgs.,
    recana tahun depan mau buka lahan pak ada 6 hektar.,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.